Gambar diagram batang berat badan

Hasil observasi umur pegawai di kantor X adalah: Menyajikan data dalam bentuk Histogram Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat histogram, yaitu: Ogive naik dan ogive turun Daftar frekuensi kumulatif kurang dari dan lebih dari dapat disajikan dalam bidang Cartesius.

Berapakah keuntungan terbesar yang diperoleh Toko "Anggo" selama 1 tahun? Contoh Median lainnya: Dari uraian tersebut, dapatkah nyatakan rumus frekuensi relatif? Misalnya, jumlah penduduk setiap tahun, perkembangan berat badan bayi setiap bulan, dan suhu badan pasien setiap jam.

Banyaknya korban kecelakaan lalu lintas, menurut jenis korban dan waktu di Jawa Tengah tahun s. Nilai berapakah yang paling banyak diperoleh siswa?

Munculnya sebanyak 5 kali, jadi dapat dijelaskan bahwa kelompok pegawai kantor Y sebagian besar berumur 45 tahun. Penyajian data tersebut dinamakan penyajian data sederhana. Contoh diagram lambang: Dalam contoh sebelumnya memuat enam interval ini. Contoh soal Jumlah lulusan SMA X di suatu daerah dari tahun sampai tahun adalah sebagai berikut.

Penyelesaian Histogram dan poligon frekuensi dari tabel di atas dapat ditunjukkan sebagai berikut. Interpolasi dan Ekstrapolasi Data Interpolasi data adalah menaksir data atau memperkirakan data di antara dua keadaan misalnya waktu yang berurutan.

Langkah-langkah penyusunan tabel distribusi frekuensi adalah sebagai berikut. Poligon Frekuensi Berdasarkan contoh di atas dapat dibuat poligon frekuensinya seperti gambar berikut ini. Yang terpenting bukan berapa beratnya saat ia lahir, tapi berapa berat yang dicapai setelahnya.

Ada dua jenis diagram batang, yaitu 1. Seperti halnya diagram batang, diagram garis pun memerlukan sistem sumbu datar horizontal dan sumbu tegak vertikal yang saling berpotongan tegak lurus.

Banyak kelas dibulatkan menjadi "6". Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh data berikut ini. Nyatakan data di atas dalam bentuk diagram batang. Tabel distribusi frekuensi Interval Kelas. PenyelesaianHistogram dan poligon frekuensi dari tabel di atas dapat ditunjukkan sebagai berikut.

Diagram Batang Diagram batang biasanya digunakan untuk menggambarkan data diskrit data cacahan. Buatlah diagram lingkaran untuk data tersebut.

Terlihat jelas pada diagram di atas, perkembangan berat badan si bayi. Dari data seperti ini, seorang dokter anak akan dengan cepat dapat menentukan normal tidaknya perkembangan si bayi untuk jangka waktu selama 16 minggu tersebut.

Histogram Contoh Soal Data banyaknya siswa kelas 9 yang tidak masuk sekolah dalam 8 hari berurutan sebagai berikut. Sebagai contoh akan dibahas cara membuat diagram lingkaran dari data pada Tabel 4. Di bagian atas setiap batang diberikan bilangan yang menunjukkan frekuensi.

Buatlah daftar frekuensi kumulatif kurang dari dan lebih dari.

Statistika

Hasilnya sebagai berikut: Berapa persen siswa yang menyelesaikan sekolah sampai pada tingkat SMA? Cobalah nyatakan rumus frekuensi relatif.

Penyelesaian Data tersebut dapat disajikan dengan diagram batang sebagai berikut. Daftar distribusi kumulatif lebih dari menggunakan tepi bawah. Lakukan pengukuran antropometri berkaitan dengan tubuhseperti berat badan, panjang badan tinggi badanserta lingkar kepala untuk memastikan pertumbuhannya.

Nyatakan data di atas dalam bentuk diagram lingkaran!Ada beberapa macam diagram untuk menyajikan data, antara lain: diagram batang (bar chart), diagram garis (line chart), diagram lingkaran (pie chart), diagram gambar (piktogram), histogram, dan poligon frekuensi.

Berikut ini akan dijelaskan berbagai macam penyajian data dengan diagram tersebut. Data tersebut dapat disajikan dengan diagram batang sebagai berikut. ´╗┐Histogram. Contoh Soal. Data banyaknya siswa kelas 9 yang tidak masuk sekolah dalam 8 hari berurutan sebagai berikut.

Poligon Frekuensi. Berdasarkan contoh di atas dapat dibuat poligon frekuensinya seperti gambar berikut ini. Contoh Soal Hasil pengukuran berat badan terhadap siswa SMP X digambarkan dalam distribusi. ┬Ě Menyajikan Data dengan Diagram Gambar.

Data yang telah kita kumpulkan dapat diolah dengan cara mengurutkan data tersebut.

Penyajian Data: Diagram Lingkaran, Batang, Garis

Data yang sudah urut dimasukan ke dalam tabel. Selanjutnya data dalam tabel tersebut disajikan ke dalam bentuk diagram gambar, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran sesuai dengan yang kita perlukan.

Misalnya, jumlah penduduk setiap tahun, perkembangan berat badan bayi setiap bulan, dan suhu badan pasien setiap jam. Seperti halnya diagram batang, diagram garis pun memerlukan sistem sumbu datar (horizontal) dan sumbu tegak (vertikal) yang saling berpotongan tegak elbfrollein.com: Heskielomboan Diagram Histogram dan Poligon Histogram adalah penyajian distribusi frekuensi menggunakan gambar yang berbentuk diagram batang tegak.

Pada histogram, antara dua batang yang berdampingan tidak terdapat jarak sehingga antara satu batang dan batang lainnya berimpit. Berat badan bayi dari 5 bulan ke 6 bulan dinyatakan TIDAK NAIK, karena grafik berat badan mendatar atau berat badannya sama dengan bulan lalu, kurang dari KBM ( g) e.

Berat badan bayi dari 6 bulan ke 7 bulan dinyatakan TIDAK NAIK, karena grafik berat badan menurun atau kenaikan berat badannya berkurang sekitar gram, kurang dari KBM ( g).

Gambar diagram batang berat badan
Rated 3/5 based on 83 review