Hubungan antara bekerja shift dengan obesitas

Pada umumnya penderita diabetes melitus dengan keluhan khas yang datang ke klinik sudah ditemukan baik resistensi insulin maupun defek sel beta pankreas.

Diabetes dan Obesitas (Kegemukan)

Kadar lemak yang terlalu tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Klik untuk berbagi di BBM Membuka di jendela yang baru Kebanyakan pekerja kantoran diwajibkan untuk bekerja dari pagi sampai sore.

Obesitas Ada beberapa kemungkinan alasan untuk hubungan antara obesitas dan kerja shift. Randomized Trial. Kerja shift juga dihubungkan dengan ganguan metabolik, kombinasi masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, obesitas, dan kadar kolesterol tinggi.

American Diabetes Association. Dahulu obesitas cenderung dialami oleh orang dewasa tua, namun sekarang orang muda yang mengalami obesitas cenderung meningkat jumlahnya. Menurut beberapa hasil penelitian, diabetes tipe 2 sangat erat kaitannya hubungan antara bekerja shift dengan obesitas obesitas.

Management of the obese diabetic subjects. Meningkatnya asam lemak bebas pada mereka yang gemuk dan diabetes melitus tipe 2 disebabkan oleh meningkatnya pemecahan trigliserid proses lipolisis di jaringan lemak terutama di daerah visceral.

Hal ini dilaporkan oleh Vozarova, dkk. Untuk obat antihipertensi selama kadar kreatinin dalam batas normal, pilihan pertama adalah golongan ACE-inhibitor. Obesitas atau kegemukan sudah menjadi masalah global terutama di negara-negara berkembang dan di negara-negara maju.

Meningkatnya glukoneogenesis berakibat hambatan kerja insulin di hati, atau terjadilah resistensi insulin. Pada saat ini telah dipasarkan obat kombinasi dalam satu tablet seperti Glucovance metformin-glibenklamid dan Avandamet metformin — rosiglitazon.

Satu penelitian menemukan bahwa risiko stroke meningkat lima persen setiap 1 tahun tambahan dari bekerja shift. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pramugari yang bekerja shift lebih mungkin mengalami keguguran dibandingkan dengan pramugari yang bekerja dalam waktu normal.

Buruh yang Obesitas Lebih Sering Absen Bekerja

Obesitas atau kegemukan adalah suatu kondisi dimana tubuh seseorang memiliki kadar lemak yang terlalu tinggi. Walaupun lemak visceral merupakan prediktor utama terjadinya resistensi insulin, tampaknya tidak ditemukan hubungan tersebut pada mereka yang berat badannya normal.

Dari hasil penelitian epidemiologis terbukti bahwa keterkaitan obesitas dan diabetes melitus tipe 2 lebih jelas pada mereka dengan obesitas sentral. Banyak ahli kesehatan yang merekomendasikan makan makanan sehat seimbang dan berolah raga secara teratur serta mengurangi stress sebagai langkah awal untuk mencegah obesitas dan diabetes.

Consensus development conference on insulin resistance. Hypoadiponectinaemia in obesity and type 2 diabetes: Dari penelitian tersebut, diketahui bahwa pekerja yang punya masalah obesitas rata-rata tidak hadir bekerja antara satu hingga dua hari dalam setahun. Sel lemak menghasilkan berbagai hormon yang disebut juga adipositokin adipokine yaitu leptin, tumor necrosis factor alpha TNF-alfainterleukin-6 IL-6resistin, dan adiponektin.

Leptin bekerja pada sistem saraf perifer dan pusat. Untuk mengetahui apakah seseorang obesitas atau tidak, kita bisa menggunakan indeks berat badan yang biasa disebut BMI body mass index.

Resistensi insulin merupakan faktor resiko seseorang dapat mengalami diabetes tipe 2. Gangguan kesuburan dan kehamilan Bekerja shift dapat memengaruhi sistem reproduksi wanita. Sebaliknya, di waktu saat tubuh seharusnya melakukan aktivitas penting seperti bergerak dan mencerna, Anda malah tidur.

Bekerja shift juga dapat memengaruhi kimia otak secara langsung. Leptin, tumor necrosis factor-Alfa TNF-Alfainterleukin-6 IL-6dan resistin bekerja meningkatkan resistesi insulin, sebaliknya adiponektin bekerja meningkatkan sensitivitas insulin.

Pada gambar 2 diperlihatkan hubungan jaringan lemak dengan kejadian resistensi insulin. Belum lagi, fakta bahwa kaum buruh memang masih kurang diperhatikan kesehatannya.

Peran adipositokin Penelitian terakhir membuktikan bahwa adipositokin adipokin yang dihasilkan oleh sel lemak berperan pada berbagai proses metabolisme dan terjadinya resistensi insulin. Peneliti telah menemukan hubungan yang menarik antara pekerja shift dan peningkatan risiko kondisi kesehatan yang serius.

Satu penelitian mengamati pramugari, yang biasanya bekerja dalam shift. Jam sirkadian juga berperan mengatur kapan tubuh harus memproduksi sel-sel baru dan memperbaiki DNA yang rusak.

BMI adalah angka yang menunjukkan perbandingan antara berat badan dalam satuan kilogram terhadap tinggi badan dalam satuan meter. Hormon-hormon tersebut berperan juga pada terjadinya resistensi insulin. Obesitas perlu dibedakan antara obesitas sentral atau visceral dan obesitas perifer.

Ada dugaan bahwa penderita diabetes melitus tipe 2 dimulai dengan berat badan normal, kemudian menjadi obes dengan resistensi insulin dan berakhir dengan diabetes melitus tipe 2.

Acetyl CoA mengaktifkan enzim piruvat karboksilase di hati yang berperan untuk merubah asam piruvat menjadi glukosa pada proses glukoneogenesis, dengan demikian akhirnya terjadi peningkatan produksi dan pelepasan glukosa hati.download hubungan antara obesitas sentral dengan adiponektin pada pasien geritari dengan penyakit jantung koroner download korelasi antara obesitas sentral dengan adiponektin pada lansia dengan.

Untuk mengetahui hubungan antara obesitas dengan gejala Excessive Daytime Sleepiness (EDS). Manfaat Penelitian Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk: elbfrollein.com: Skripsi.

Obesitas perlu dibedakan antara obesitas sentral atau visceral dan obesitas perifer. Dari hasil penelitian epidemiologis terbukti bahwa keterkaitan obesitas dan diabetes melitus tipe 2 lebih jelas pada mereka dengan obesitas sentral.

Hasil pemeriksaan dengan CT-scan perut memperlihatkan bahwa lemak visceral sangat berperan terhadap terjadinya resistensi insulin. Walaupun lemak visceral.

· PENDAHULUAN Prevalensi obesitas dan diabetes melitus tipe 2 meningkat dengan pesat di seluruh dunia. Sekitar 60% dari mereka yang obes menderita diabetes melitus tipe 2.

Jurnal Doc : skripsi hubungan lansia dengan hipertensi pdf

Bekerja shift tampaknya terkait dengan peningkatan risiko komplikasi selama persalinan, bayi prematur dan bayi lahir berat badan rendah, masalah kesuburan, endometriosis, menstruasi tidak teratur, dan menstruasi yang menyakitkan. Ayu Ra ony, dkk: Konsumsi fast food dan soft drink sebagai faktor risiko obesitas pada remaja Hubungan antara faktor luar dengan obesitas Hasil analisis hubungan variabel luar dengan.

Hubungan antara bekerja shift dengan obesitas
Rated 5/5 based on 96 review