Leaflet diet dan perawatanan dm

Gula pasir 5. Hipoglikemi E. Timbul rasa letih yang tidak tahu sebabnya 5. Gagal Ginjal, Infeksi 2. Makan 3 kali sehari untuk mendistribusikan asupan karbohidrat dalam sehari. Berolah raga ringan 10 — 20 menit setiap hari lebih baikdaripada 1 jam seminggu sekali.

Mulailah olah raga ringan, seperti jalan kaki atau senam. Tempe 6. Hindari minuman yang mengandung alcohol, karena mengakibatkan reaksi yang berbahaya dengan obat yang anda minum.

Satuan Acara Pengajaran sudah siap sesuai dengan masalah keperawatan b. Lakukan aktifitas fisik yang anda sukai, karena bila anda menyukainya, anda akan rajin melakukannya secara teratur.

Kumpulan Brosur Diet

Tomat 3. Jangan minum obat sembarangan, karena banyak obat akan bereaksi dengan obat diabetes. Mual dan muntah D. Kacang Panjang 1. Insulin adalah hormon yang dilepaskan oleh pancreas, yang bertanggungjawab dalam mempertahankan kadar gula darah yang normal. Batasi gula dan makanan m engandung gula.

Ikan c. Pengelolaan DM f. Sering merasa lelah tanpa sebab Insulin adalah hormon yang yang jelas dan mengantuk dilepaskan oleh pancreas, yang 5. Mempertahankan kadar Glukosa darah mendekati normal dengan keseimbangan asupan makanan dengan insulin endogen atau eksogen atau obat hipoglikemik oral dan tingkat aktifitas.

BOLEH dikonsumsi: Tempe sebaiknya yang dilakukan adalah: Pepaya 8. Oyong 9.

SAP Diet Pada Diabetes mellitus

Madu 5. Tahu 7. Kebutuhan kalori Kebutuhan kalori sesuai untuk mencapai dan mempertahankan berat badan ideal. Luka lama, gangren 6.

Pengorganisasian a.

Leaflet Diet DM

Umur 1 tahun membutuhkan lebih kurang kalori dan selanjutnya pada anak-anak lebih daripada 1 tahun mendapat tambahan kalori untuk tiap tahunnya. Penyebab DM c. Oyong 5. SAP Leaflet DM D iabetes Melitus Kencing Manis merupakan suatu penyakit metabolik yang ciri khas ditandai dengan tingginya kadar gula di dalam darah dikarenakan kelainan sekresi insulin, kerja insulin atau keduaduanya sekresi dan kerja insulin Sering merasa haus Sering kencing terutama malam hari Pandangan menjadi kabur Sering merasa lelah tanpa sebab yang jelas Penurunan berat badan Kulit terasa kering Sering menderita sariawan atau infeksi misalnya bisul yang sulit sembuh Mati rasa atau kesemutan di kaki dan tangan Mual dan muntah K omplikasi diabetes dapat terjadi setelah seseorang minimal 10 tahun menderita diabetes, terutama bila kadar glukosa darah tidak terkendali.

Universitas Indonesia, Jakarta. Minum obat teratur 3. Bila anda sakit dan harus minum obat, konsultasikan dengan dokter.

SAP Diit DM

Tinggalkan Balasan. Singkong 3. Nasi 6. Tanyakan target gula darah anda pada dokter. Media yang digunakan dalam penyuluhan semuanya lengkap dan siap digunakan.

Untuk mencegah komplikasinya anda dapat melakukan hal-hal berikut:silakan download leaflet diabetes melitus di sini. Simple theme.

Theme images by nicodemos. Powered by Blogger. Author: ASUHAN KEPERAWATAN KESEHATAN. Diet bagi pasien DM merupakan komponen yang sangat penting dalam mengontrol gula darah agar tetap dalam batas normal dan stabil.

Untuk itu perlu dilakukan penanganan serius terpadu agar tidak menjadi masalah kesehatan nasional di kemudian hari. Melihat pola pertambahan penduduk saat ini diperkirakan pada tahun nanti akan ada sejumlah juta penduduk berusia di atas 20 tahun dan dengan 5/5(1). • Leaflet LAMPIRAN MATERI PENGERTIAN DIIT Diit DM adalah pengaturan makanan dan atau minuman pada penderita DM yang jumlahnya diperhitungkan untuk tujuan tertentu (Romali, Ahmad, 92).

TUJUAN DAN MANFAAT DIIT Menyesuaikan makanan dengan kesanggupan tubuh untuk menggunakannya, sehingga membantu anda: 1. Menurunkan kadar gula darah mendekati normal. Pengertian DM b.

SAP DIET DM

Penyebab DM c. Klasifikasi DM d. Tanda dan gejala DM e. Pengelolaan DM f. Pemeriksaan penunjang g. Makanan yang di pantang dan juga yang diperbolehkan. C. MATERI (Terlampir) D. MEDIA Materi SAP Leafleat LCD E. METODE Ceramah Tanya jawab Diskusi F. KEGIATAN PENYULUHAN No Kegiatan Penyuluh Respon Peserta Waktu 1 Pembukaan 5 menit.

Leaflet DM

D iabetes Melitus (Kencing Manis) merupakan suatu penyakit metabolik yang ciri khas ditandai dengan tingginya kadar gula di dalam darah dikarenakan kelainan sekresi insulin, kerja insulin atau keduaduanya (sekresi dan kerja insulin)Author: Genta Jagad.

Diet yang baik dan teratur. Usahakan untuk mencapai BB normal/ideal. Caranya jangan makan dalam porsi yang berlebihan, mengurangi makanan yang mengandung gula(manis) serta .

Leaflet diet dan perawatanan dm
Rated 3/5 based on 5 review